NAMA : FAIZ YUNSAR ASAULOH
NIM : 20836007
KELAS : 2A-PTI
MATA UJI : BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
1. Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkunganya sehingga terjadi perubahan perilaku kearah yang lebih baik. Pembelajaran juga dapat diartikan sebagai unsur sadar pendidik untuk membantu peserta didik agar mereka dapat belajar sesuai kebutuhan dan minatnya. Peran dan Tugas guru dalam proses pembelajaran
Peran Guru dalam proses pembelajaran
Seorang Guru harus berperan dalam :
- Menempatkan dirinya sebagai teladan yang baik
- Mengenal peserta didik/siswanya
- Mengetahui metode yang cocok dengan siswa untuk penanaman nilai dan bagaimana cara menggunakannya secara efisien dan efektif
- Memiliki pengetahuan yang luas
- Menciptakan Suasana nyaman disaat pembelajaran
- Menyediakan media pembelajaran
Sedangkan Tugas seorang guru adalah menjaga, mengarahkan, dan membimbing agar siswa/peserta didiknya bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi, minat dan bakatnya. Dengan melakukan penilaian maka guru akan mengetahui atau menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
2. Pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan oleh pengajar terhadap murid, perbuatan yang menjadikan seorang individu yang berkeinginan mengetahui suatu ilmu pengetahuan (belajar). Jadi pembelajaran sebagai system adalah proses interaksi yang dilakukan antara pesera didik dengan pendidik dalam suatu lingkungan belajar tertentu dengan sistem yang sistematis atau tersunan dan terjadi umpan balik diantara keduanya.
Mengapa siswa perlu motivasi belajar? Karena agar siswa lebih giat dan lebih semangat dalam suatu pembelajaran. Faktor- faktor yang mempengaruhi motivasi belajar diantaranya :
Cita cita atau aspirasi siswa , Kemauan siswa, Kondisi siswa, Kondisi lingkungan siswa.Diimingi hadiah
3. Menurut saya,masalah pendidikan di Indonesia pasca pandemi covid 2019 berakibat besar dalam perubahan didunia pendidikan,Karena disaat melakukan pembelajaran guru terkendala tidak bisa mengawasi peserta didik secara langsung, dan seorang peserta didik tidak bisa berkonstentrasi,memahami dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh gurunya dan kadang juga tidak semua murid memiliki media pembelajaran sehingga tertinggal dalam pembelajaran, kadang juga yang memiliki medianya kadang suka terkendala Jaringan ataupun kuota.
4. Teori pembelajaran menurut para ahli dan cara penerapannya :
Teori Behavioristik menyatakan bahwa sebuah pengalaman mampu mengubah tingkah laku seseorang sebagai hasil proses belajar dari pengalaman itu sendiri. Cara penerapannya adalah seorrang guru perlu melakukan beberapa proses seperti memberikan dorongan supaya muridnya dapat merasakan rasa ingin tahu dalam belajar.
Teori Kognitifisme menggambarkan bahwa belajar adalah aktivitas internal yang terdiri dari beberapa proses seperti pemahaman, mengingat, mengolah informasi dll, Cara penerapannya adalah guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik serta memberi ruang bagi mereka untuk saling bicara serta diskusi dengan teman temannya.
Teori Humanistik adalah metode pembelajaran yang focus pada peserta didik guna mengembangkan potensinya. Cara penerapannya adalah dengan mengaplikasikan teori humanis, siswa akan merasa senang selama proses belajar dan dapat menguasai materi dengan gampang.
5. Karena Dalam pendidikan memerlukan prinsip belajar dan pembelajaran untuk mengetahui tujuan dan apa yang ingin kita dapatkan dalam pembelajaran tersebut, karena pengertian prinsip belajar adalah landasan berfikir, landasan berpijak, dan sumber motivasi agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran itu sendiri.
Komentar
Posting Komentar