UAS BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Nama : Faiz Yunsar Asaduloh

NIM : 20836007 

Kelas : 2A-PTI

 

JAWABAN UAS

 1. Perbedaan strategi pembelajaran adalah suatu siasat atau rencana yang dilakukan oleh pendidik demi kelancaran pembelajaran agar terlaksana dengan lancar dan siap untuk melakukan pembelajaran, 

Pendekatan pebelajaran adalah suatu cara yang ditempuh oleh seorang pendidik untuk mendekati muridnya dengan pelaksanaan pembelajaran yang terkonsep sehinga dengan gampang disajikan kepada murid untuk beradaptasi,

Metode adalah cara penyampaian materi pembelajaran yang bersifat umum dan setiap pendidik memiliki metodenya masing-masing.

Teknik pembelajaran adalah cara  dalam menyampaikan materi pembelajaran yang memerlukan keahlian khusus contohnya dalam melakukan diskusi ataupun praktek.


2. a. Fisiologis adalah hal-hal yang berkaitan dengan ciri ciri fisik seorang murid yang malas atau tidak semangat dalam melakukan pembelajaran dikarenakan adanya faktor tertentu.

Pisikologis adalah kondisi yang bisa mempengaruhi perilaku murid ketika sedang marah ataupun sedih

Sosiologis adalah perilaku atau keadaan murid yang berinteraksi dan bergaul dengan lingkungannya atau temannya maupun keluarga.

b. faktor internal yaitu murid yang kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran, lambat dalam menerima materi pembelajaran, ataupun tdk memiliki motivasi belajar, dan memiliki sikap yang nakall

Faktor eksternal yaitu dalam lingkungan  sekolah,lingkungan masyarakat ataupun dari lingkungan keluarganya sendiri

c. Teknik pengungkapan kesulitan belajar bisa dengan 

1. Observasi

2. Tes hasil belajar

3. Tes Diagnostik

4. Tes Bakat / Mina

5. Angket/kuisoner


3. Peran guru dalam proses pembelajaran adalah sebagai pendidik,pengajar,penasehat, motivator, yang berperan besar terhadap keberhasilan pembelajaran dikelas atau disekolah, yang ikut andil dalam membantu perkembangan muridnya untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal.

Cara seorang guru untuk mengatasi masalah pembelajaran selama pandemi adalah dengan :

a. Interaktif selama pembelajaran

b.  Menciptakan perbedaan,strategi, Mteode dan Teknik Dalam pembelajaran

c. Memberikan Materi yang dibingkai dengan animasi yang unik

d. Mengadakan Tanya Jawab atau diskusi selama pembelajaran.


4. a. Karena dengan melakukan perencaan seorang guru akan melakukan pembelajaranya sesuai dengan rencana yang telah ia buat dari awal sampai akhir rencana tersebut, sekaligus untuk membantu mencapai rencana jangka pendek serta pada recana rangka panjang pada tujuan.

b. 1. Tujuan Pembelajaran

2. Materi pembelajaran

3. Kegiatan Pembelajaran

4. Evaluasi


5. Menurut saya permasalahan pendidikan selama pandemi ini tdk hanya drasakan oleh indonesia saja, melainkan dirasakan juga oleh negara lain, yang mengakibatkan seluruh kegiatan khusunya pendidikan harus dirumahkan atau dilakukan secara daring, sehigga yang biasanya dilakuka secara offlen terpaksa harus dilakukan secra online.

Dengan adanya pandemi ini pemerintah mengadakan pembelajaran secara online atau daring untuk meminimalisir atau memutuskan rantai Covid-19, sehingga dalam pelaksanaanya semua guru dan murid dilkaukan secara virtual yang bisa menyebabkan kebosanan yang dirasakan oleh murid atapun guru, karena dengan adanya pembelajaran secara daring guru tidak bisa mengawasi murid secara langsung, sehingga pembelajaran secara daring ini dirasa kurang optimal, tetapi seorang guru dan murid dituntut agar bisa menyesuaikan dan membiasakan diri dalam situasi dan kondisi pandemi ini.

b. RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)

Sekolah Menengah Kejuruan : SMKC-ALMUSADADDIYAH GARUT

Jurusan : Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ)

Mata Pelajaran : Pemrograman WEb

Kelas : XI

Semesster 1 & 2

Tema : Pembelajaran secara virtual

Alokasi waktu : 1 jam / pertemuan

Tujuan pembelajaran 

- Menjelaskan konsep dasar teknologi web sesuai pembelajaran

- Melaksanakan prosedur pemrograman berbasis web

Media dan Alat Pembelajaran

- Zoom/ Gmeet

- WAG

- Web Broser

- Text Editor

Sumber Belajar 

- Youtube

- Power Point

Kegiatan pembelajaran 

- Guru menyampaikan Materi 

- Siswa dan guru berkomunikasi

- Siswa menjalankan pembuatan pemrograman web

- Siswa mengisi daftar hadir

- Siswa Mengerjakan tugas dan mengumpulkanya di WAG

Penilaian Pembelajaran 

- Dari Daftar Hadir dan Tugas yang dikumpulkan

Keterampilan

- Bisa membuat program web sendiri.


Komentar